welcome


web widgets

Selasa, 08 Juli 2014

Kenapa Mual Pas Gosok Gigi?



Menggosok gigi itu kegiatan menyehatkan. Tapi terkadang rasa malas muncul karena tiap kali melakukan kegiatan itu, mulut jadi terasa nggak enak, mual, dan kadang sampai muntah.
Sebagian besar orang merasakan hal tersebut, khusunya pagi hari. Nah, akibatnya, mood pun jadi hilang. Nah, kalau kamu merasakan hal tersebut, ada baiknya simak beberapa hal berikut, deh.
Rupanya, mulut yang mual pas menyikat gigi disebabkan oleh banyak hal. Alasan paling umum adalah karena kita memiliki tenggorokan yang sensitif. Tenggotokan kita punya semacam katup yang akan terbuka saat kita pengen menelan secara normal. Katup itu akan mengalami kontraksi jika tak ingin ada obyek yang masuk. Nah, pas gosok gigi, tenggorokan berkontraksi. Orang yang tenggorokannya sensitif bakal merasa mual, meski nggak sampai muntah. Atau alasan lainnya adalah karena kita menggosok gigi terlalu kencang sehingga menekan tenggorokan bagian dalam. Tekanan itu membuat kita jadi mual. Jika tekanan terlalu kencang, kita bisa sampai muntah.
Nah, secara medis, beberapa ahli kesehatan juga mengatakan bahwa mual pas menggosok gigi juga bisa disebabkan oleh kenaikan asam lambung. Rasa yang muncul biasanya Cuma mual, tanpa muntah, dan akan hilang saat kita bersendawa.
Busa
Coba perhatikan busa pasta gigimu, kalau ada cairan kental berwarna bening kekuningan, bisa jadi naiknya asam lambung adalah penyebab kamu merasa mual.
Terakhir, karena faktor psikologis. Kita tahu, pikiran negatif terkadang menyebabkan kejadian negatif. Kalau kamu pernah mengalami kejaian muntah pas lagi menggosok gigi, besar kemungkinan ke depannya bakal terus merasa khawatir akan muntah pas melakukan lagi kegiatan tersebut. Jadinya muntah beneran deh.
Buat mencegah biar kamu nggak merasa mual pas menggosok gigi, beberapa hal ini mungkin bisa membantu. Pertama, jangan terlalu dalam memasukkan sikat gigi. Kunci menyikat gigi adalah sabar. Lakukan dengan pelan, tapi mantab. Menyikat dengan keras hanya akan membuat sikatmu terlalu masuk ke dalam mulut.
Terus, jangan membuka mulut terlalu lebar. Mulut yang terbuka terlalu lebar bakal bikin otot-otot di sekitarnya kaku. Bernapaslah menggunakan mulut pas menggosok gigi. Tarik napas dalam-dalam jika ingin muntah, dan hindari menahan napas. Terakhir, kamu bisa memilih pasta gigi yang rasanya nggak terlalu pedas.

Otit (SM,6 juli 2014,hal:27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar