welcome


web widgets

Sabtu, 22 Februari 2014

Bahaya Sering Makan Mie Instan



Mie instan adalah makanan yang sudah biasa menjadi menu sehari-hari orang Indonesia. Makanan instan satu ini memang terkenal dengan rasanya yang enak dengan kemasan yang menarik dan praktis hingga dapat dibuat dan dimakan dimana dan kapan saja.

Ada yang sudah terlanjur sering memakan mie instan hingga tidak bisa terlepas dari makanan satu ini. Padahal terlalu sering makan mie instan tidak baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah bahaya yang akan Anda peroleh jika terlalu sering makan mie instan:

Menghambat Penyerapan Nutrisi 
Tanpa disadari mie instan dapat menghambat dan membatasi penyerapan nutrisi makanan. Oleh karena itu bagi yang masih berumur di bawah lima tahun disarankan untuk tidak memakan mie instan. Jika anak-anak ini sampai mengkonsumsi mie instan ini akan sangat berbahaya karena kurangnya penyerapan nutrisi, anak bisa kurang gizi, kerdil, dan bahkan akan memperlambat perkembangannya.

Menyebabkan Kanker
Ada beberapa mie instan yang dikemas dalam Styrofoam yang merupakan salah satu penyebab kanker. Untuk mie instan yang disajikan dengan hanya menyeduhnya dan direndam dalam air panas di wadahnya yang berupa Styrofoam, zat kimia di dalamnya akan ikut bereaksi. Tentu saja ini akan berbahaya jika ikut larut dan masuk ke dalam tubuh.

Menyebabkan Keguguran
Mie instan juga menyebabkan keguguran. Para ibu yang cenderung terlalu sering mengkonsumsi mie instan dalam masa kehamilan akan membahayakan dan memberi pengaruh buruk pada janin. Maka keguguran pun tidak bisa dihindarkan.
Mengacaukan Metabolisme Tubuh
Jika terlalu sering mengonsumsi mie instan secara terus-menerus dan dalam jangka waktu panjang, mie instan ini akan mengacaukan metabolisme tubuh. Dengan zat kimia yang terkandung di dalamnya seperti pengawet dan pewarna akan bisa menjadi racun di dalam tubuh.

Bahaya dari Propylene Glycol
Bahan propylene glycol yang terkandung di dalam mie instan yang merupakan sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Area hati, ginjal, dan liver akan menjadi tempat tertumpuknya zat tersebut. Lambat laun proses ini akan menyebabkan kerusakan pada tubuh, khususnya di tiga area tersebut. Lantas akan melemahkan immune tubuh.

Bahaya bagi Pencernaan
Mie instan sebaiknya memang tidak dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari karena akan berpotensi membahayakan pencernaan. Masalah-masalah yang muncul pertama kalinya adalah rasa begah, tidak mudah buang air besar dan tidak nyaman.

Kegemukan
Kegemukan juga menjadi akibat dari terlalu sering mengonsumsi mie instan. Kandungan mie instan yang berupa lemak dan sodium yang tinggi tidak mudah untuk diserap oleh tubuh dan akan menumpuk menjadi lemak. Dengan begitu maka berat badan tubuh Anda akan bertambah dengan mudah dalam waktu singkat.

Kandungan MSG
Di dalam mie instan terkandung MSG yang bisa membuat mereka yang alergi merasa selalu haus, dada terbakar, sakit kepala, wajah memerah dan sesak napas.

Kandungan Sodium
Sodium dalam mie instan akan menyebabkan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan pada ginjal. Potensi akan terserang penyakit tersebut bisa semakin tinggi dan parah jika Anda sering mengonsumsinya.
Mie Instan adalah Junk Food
Junk food adalah makanan yang memang dikenal tidak baik bagi tubuh karena kandungan karbohidratnya yang sangat tinggi dan tidak mempunyai tambahan vitamin, mineral maupun serat. Mie instan dengan kandungan lemak jenuhnya tinggi ini pun akan menyebabkan kalorinya memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar