welcome


web widgets

Selasa, 08 Juli 2014

Kegiatan 1 Muharram



Alhamdulillah segala puji bagi Allah atas indahnya hidup ini serta nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena kita masih dipertemukan dengan tahun baru Islam 1435 H ini. Tahun baru Islam ini layak kita jadikan momentum bagi kita untuk menjadikan kita lebih baik lagi. Sebagai rasa syukur hendaknya kita memaksimalkan momen ini untuk evaluasi diri, instropeksi diri, menyesali dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Seperti sabda Rosulullah SAW bahwa orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin maka ia adalah orang yang beruntung, sedangkan orang yang hari ini sama saja dengan hari kemarin maka ia termasuk orang merugi.
 Dengan momen tahun baru islam ini PK IMM STIE Muhammadiyah Pekalongan mengadakan acara Kegiatan 1 muharram dengan tema “Sambut 1 Muharram dengan Berbenah Diri menjadi Khalifah yang Islamiyah”  yang dilaksanakan pada malam selasa tanggal 4 November 2013 di Ruang B3 dan B4 STIE Muhammadiyah Pekalongan. Salah satu tujuan dari acara ini adalah memanfaatkan pergantian tahun baru Islam ini dengan kegiatan yang bermanfaat.
Acara dimulai pukul 20.00 WIB dan sedikit terlambat dari random acara yang direncanakan. Hal ini disebabkan karena ada anak kelas sore yang mengikuti UTS dan selesai pada pukul 20.00 WIB namun acara bisa terlaksana juga. Acara pertama yaitu tausyiah yang diisi oleh dosen STIEM sendiri yaitu Bapak Fadli. Tema dari tausiyah itu sendiri adalah keutamaan  1 muharram. Nah pada kesempatan ini Beliau menyampaikan sejarah / awal mula penentuan kalender hijriah dan sunnah-sunnah Rosulullah pada saat tanggal 1 Muharram. Ini dia foto-fotonyaa...




 





          Acara selanjutnya pukul 21.30 WIB yaitu motivasi yang diisi oleh IMMawan Arief  Hafidz. Acara motivasi ini bertujuan agar di tahun baru Islam ini peserta mampu memotivasi dirinya sendiri agar menjadi lebih baik dari tahun yang sebelumnya. Walaupun dengan suasana mengantuk karena sudah hampir tengah malam, namun peserta tetap mendengarkan dan memperhatikan. Acara semakin seru ketika IMMawan Arief  Hafidz membuka diskusi peserta.


Jam menunjukkan pukul 22.30 WIB acara moivasipun selesai. Setelah itu semua peserta dan panitia dipersilahkan untuk beristirahat. Pukul 02.00 WIB semua peserta dan panitia bangun untuk bermuhasabah bersama. Dengan  muhasabah kita semua merenungkan kesalahan yang pernah kita perbuat, mengingat jasa-jasa yang orang tua berikan pada kita. Suasana seketika menjadi hening dan yang terdengar adalah suara isak tangis peserta dan panitia. Pada sepertiga malamnya kita gunakan untuk berqiyamul-lail.
Waktu menunjukkan sudah subuh , kita semua sholat subuh berjamaah dan selanjutnya disusul dengan kultum yang diisi oleh IMMawan Slamet Rubowo. Kultum bertemakan “Akhlaq Tercela”.
Pagi harinya di Monumen Pekalongan, semua peserta dan panitia menikmati sarapan bersama, ditemani udara sejuk dan hijaunya taman kota, setelah itu diadakan game bersama untuk melatih konsentrasi, kekompakan serta mempererat tali silahturahmi.







Alhamdulillah kegiatan 1 Muharram berjalan dengan lancar walaupun banyak hambatan dan rintangan yang menghadang. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung. Semoga kita menjadi lebih baik lagi di banding tahun sebelumnya dan mengambil HIKMAH dari semua kejadian... J
Billahi fi sabillil Khaq, fastabiqul khoirot
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar